Kamis, 08 April 2010

*Suku Aceh Mempunyai Keunikan Tersendiri

Calon doktor Universitas Padjadjaran Bandung Abdul Rani Usman menukilkan berbagai fakta tentang peradaban Aceh dalam sebuah buku berjudul Sejarah Peradaban Aceh.

Peluncuran dan bedah buku yang dihadiri tokoh masyarakat Aceh antara lain mantan Meneg HAM Hasballah M Sa`ad, Debra Yatim, Agus Sopian serta Bambang Haryono itu berlangsung di Jakarta, Selasa.

Pada buku yang diterbitkan Yayasan Obor Indonesia dengan kata pengantar ditulis Prof Nazaruddin Sjamsuddin itu, penulis mencoba melakukan suatu analisis interaksionis, integrasi dan konflik.

Dalam buku setebal 156 halaman itu, Abdul Rani Usman mendeskripsikan berbagai sejarah masyarakat daerah yang dijuluki "Serambi Makkah", baik dilihat dari suku bangsa maupun struktur lembaga kemasyarakatan.

Kandidat doktor yang jebolan IAIN Ar-Raniry Banda Aceh itu menuliskan bahwa Aceh merupakan wilayah yang menarik perhatian masyarakat Indonesia maupun dunia internasional seperti Snouck Hurgronje.

Menurut dia, perkembangan dan peradaban suku bangsa Aceh pun menjadi perhatian para ahli sejarah karena suku Aceh mempunyai keunikan tersendiri, terutama banyaknya inegrasi etnik atau campuran etnik yang akhirnya terjadilah suku etnik Aceh.

Dalam buku itu juga diulas tentang sejarah dan perkembangan, asal usul sebutan Aceh, hubungan Aceh dengan bangsa asing, bahsa Aceh, sistem kekerabatan, perkembangan kebudayaan dan adat istiadat masyarakat.

Lebih jauh, penulis yang pernah mengisi surat kabar terbitan Sumatera Utara (Sumut), Medan dan Aceh itu juga mengangkat perubahan sosial dan pernghancuran peradaban Aceh serta bangkitnya peradaban Aceh.

Buah pembicaraan

Prof Nazaruddin Sjamsuddin mengatakan, sejak masa kemerdekaan sampai saat ini, Aceh merupakan suatu daerah yang tidak pernah henti-hentinya menjadi buah pembicaraan di kalangan masyarakat Indonesia.

Jika pada masa kemerdekaan Aceh dikenal sebagai tulang punggung perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia atau pendukung Republik yang teramat loyal, maka kini lebih dipandang sebagai suatu daerah yang bergolak.

Segera setelah perjuangan mempertahankan kemerdekaan berakhir, pada penghujung 1949, sementara banyak daerah lain mengalami proses peredaan ketegangan, rakyat Aceh terus hidup dalam suasana gaduh dan resah.

Aceh yang selama revolusi memainkan peranan besar sebagai salah satu sentra perjuangan mempertahankan kemerdekaan, sehingga dijuluki Presiden Soekarno sebagai "daerah modal", justru diperkecil setelah kemerdekaan Indonesia diakui oleh dunia internasional.

"Ditinjau dari satu segi, pembelaan harkat dan martabat yang berlangsung secara berkelanjutan sepanjanima abad itu tentu saja telah membentuk watak dan kultur rakyat Aceh sebagaimana yang kita kenal selama ini," tulis Nazaruddin.

Namun demikian tidak berarti tidak ada "biaya" yang harus dibayar oleh rakyat Aceh. Selengkapnya...

*10 hewan terkecil di dunia

Inilah 10 hewan terkecil di dunia yang masuk dalam catatan Guinness World Record, di antaranya, anjing, ular, hingga kuda, kadal dan kuda laut. Berikut keterangan fotonya:

1.Anjing Terkecil di dunia 12,4 cm dari jenis chihuahua, diberi nama Ducky. Anjing ini berasal dari Charlton (Massachusetts, AS). Ducky berhasil memecahkan rekor anjing terkecil di dunia yang masih hidup. Rekor sebelumnya disandang Danka Kordak dari Slovakia, juga dari jenis chihuahua, yang tingginya 5,4 inc sedang Duncky 4,9 inc (12,4 cm). Namun Guinness Record juga mencatat bahwaanjing terkecil di dunia yang pernah ada adalah jenis terrier dari Yorkshire, Inggris, tingginyakalau berdiri 2,8 inc

2.Ular terkecil di dunia jenis Leptotyphlops carlae, panjangnya 10,1 cm (4 inc). Ular ini ditemukan di pulau Barbados,Karibia. Ular yang setipis mie spaghetti ini sangat berbahaya karena kecil dan tidak mudah terlihat. Ular ini ditemukan oleh Blair Hedges.

3.Ikan terkecil di dunia panjangnya: 7.9 mm (0,3 inci).

Pada Januari 2006, ikan terkecil di dunia ditemukan di pulau Sumatra Indonesia. Ikan ini masuk dalam keluarga ikan gurami, Paedocypris progenetica.

4.Kuda terkecil di dunia tingginya 43,18 cm (17 inci). Kuda terkecil lahir di penangkaran kuda kate milik Paul dan Kay Goessling. Mereka memiliki penangkaran kuda kate, namundari semua kuda kate dimilikinya, ini adalah yang terimut 43,18 cm, tingginya. Kuda kate terkecil ini diberi nama Thumbelina berusia 5tahun.

5.World's Smallest Cat: 15.5 cm (6.1-inch) dan panjangnya i 49 cm (19,2 inci).

Disebut Mr. Peebles, usianya 2 tahun. Hidup di Illinois,AS. Beratnya 3 pound. Kucing super imut ini merupakan kucing terkecil di dunia versi Guinness World Record 2004.

6. Hamster Terkecil Dunia: tingginya 2,5 cm (0,9 inci). Untuk meyakinkan betapa kecilnya hamster ini, maka disampingnya ditaruh koin yang didirikan (lihat gambar). Hamster terkecil di dunia ini ternyata hanya sedikit lebih besar dari koin 50 cent.. Hamster imut ini diberi nama Peewee, berhenti tumbuh saat dia berumur 3 minggu. Padahal lima saudaranya, jantan dan betina, terus bertumbuh hingga mencapai tinggii 4-5 inc. Tapi justru itulah yang membuat Peewee terkenal dan menyandang rekor terkecil di dunia. Dengan tinggi 2,5 cm berat Peewee hanya 1 ons.

7.World's Smallest Bunglon panjangnya: 1.2 cm (0,5 inci).

Brookesia Minima adalah species bunglon terkecil di dunia, hanya setengah inch panjangnya.Ditemukan di hutan hujan Pulau NosyBe, sebelah utara pantai barat Madagaskar. Spesies ini sungguh unik. Yang perempuan lebih besar dari laki-laki.

8.Kadal Terkecil Dunia panjangnya: 16 mm (0,6 inci)

Kadal ini amat sangat kecil hanya 16 milimeter diukur dari ujung moncongnya hingga pangkal ekor. Nama ilmiah kadal ini Sphaerodactylus ariasae. Sebelumnya juga ada kadal kecil dari spesies Sphaerodactylus parthenopion, yang ditemukan pada tahun 1965 di British Virgin Islands.

9. Sapi Terkecil Dunia tingginya 81 cm (31-inch) tinggi.

Sapi terkecil di dunia adalah jenis langka yakni Zebu India atau disebut juga sapi Vechur. Tingginya sekitar81 cm. Foto di atas menunjukkan Vechur yang berusia 16 tahun.

10.Kuda laut terkecil panjangnya 16 mm (0,6 inci.

Kuda laut atau Hippocampus denise, adalah kuda laut ukuran kecil. Yang ada pada gambar ini berukuran 16 milimeter. Malah konon pernah juga ditemukan kuda laut species ini panjangnya hanya 13 milimeter, lebih kecil dari kuku. Kuda laut jenis ini hidup di perairan tropis seperti Lautan Pasifik Barat, 13-90 meter di bawah permukaan laut.

Selengkapnya...

*Keunikan Batik

Institut Teknologi Bandung Keunikan Batik

Batik merupakan ikhwal kriya tekstil yang tak asing bagi orang Indonesia, bahkan sering menjadi sebuah simbol akan bangsa Indonesia. Batik dikenal erat kaitannya dengan kebudayaan etnis Jawa di Indonesia bahkan semenjak zaman Raden Wijaya (1294-1309) pada masa kerajaan Majapahit. Namun pada dasarnya berbagai bahan sandang memiliki corak batik juga dari luar pulau Jawa, misalnya di beberapa tempat di Sumatera, seperti Jambi bahkan beberapa tempat di Kalimantan dan Sulawesi. Motif batik digunakan mulai dari hiasan, kain sarung, kopiah, kemeja, bahkan kerudung dan banyak lagi. Namun hal yang sangat menarik dengan batik adalah bahwa ia merupakan konsep yang tidak sederhana bahkan dari sisi etimologinya. Batik dapat merepresentasikan ornamentasi yang unik dan rumit dalam corak dan warna dan bentuk-bentuk geometris yang ditampilkannya. Namun yang terpenting adalah bahwa batik dapat pula merepresentasikan proses dari pembuatan corak dan ornamentasi yang ditunjukkan di dalamnya.

Proses batik atau dalam verbia disebut pula sebagai “mbatik”, merupakan hal yang tidak sesederhana menggambarkan sebuah lukisan, misalnya. Multiperspektif yang terpancar dari ornamentasinya merupakan hasil dari proses dan tahapan-tahapan pseudo-algoritmik yang sangat menarik. Berdasarkan publikasi “Batik: The Impact of Time and Environment” oleh H. Santosa Doellah yang diterbitkan oleh Danar Hadi, terdapat setidaknya tiga tahapan proses dalam ornamentasi batik, yakni:

1. “Klowongan“, yang merupakan proses penggambaran dan pembentukan elemen dasar dari disain batik secara umum.

2. “Isen-isen“, yaitu proses pengisian bagian-bagian dari ornamen dari pola isen yang ditentukan. Terdapat beberapa pola yang biasa digunakan secara tradisional seperti motif cecek, sawut, cecek sawut, sisik melik, dan sebagainya.

3. Ornamentasi Harmoni, yaitu penempatan berbagai latar belakang dari desain secara keseluruhan sehingga menunjukkan harmonisasi secara umum. Pola yang digunakan biasanya adalah pola ukel, galar, gringsing, atau beberapa pengaturan yang menunjukkan modifikasi tertentu dari pola isen, misalnya sekar sedhah, rembyang, sekar pacar, dan sebagainya.

Fraktal: Geometri Batik
Hal yang menakjubkan dari batik adalah bahwa batik adalah sebuah proses yang lahir dari sistem kognitif dan penggambaran akan alam dan lingkungan sekitar. Batik tercipta melalui pemetaan antara obyek di luar manusia pembatik dan artikulasi kognisi dan aspek psikomotorik yang tertuang dalam kriya batik.

Meski batik tak mungkin bisa dilihat dengan melepaskan konteks dan proses pembuatan dari batik tersebut, motif dan ornamentasi yang terkandung dalam batik pun ternyata memiliki tingkat kompleksitas yang sangat menarik.

Cara pandang akan bentuk-bentuk geometris kita saat ini cenderung terkait erat dengan geometri yang diwarisi dari cara pandang pakem Aristotelian barat, yang memandang dimensi geometris sebagai bilangan asli. Dimensi 1 sebagai garis, dimensi 2 sebagai bangun datar, dimensi tiga sebagai bangun ruang, dan seterusnya. Namun dunia ternyata tak sesederhana itu. Perjalanan panjang sejarah ilmu pengetahuan telah membawa kita pada kenyataan ilmu pengetahuan sebagaimana kita saksikan sekarang ini. Dalam perjalanan filsafat ilmu pengetahuan, sains menjadi selalu bersifat positif terhadap kenyataan; bahwa sains tak terbatas, reduksionisme merupakan hal yang pada akhirnya akan membawa kita pada penjelasan yang utama dan fundamental, dan seterusnya.

Kejadian aneh kita anggap sebagai bentuk kerandoman. Ilmu pengetahuan telah sangat percaya diri, hingga akhirnya meta-matematika mulai mempertanyakan aritmatika (oleh matematikawan Kurt Godel, 1931), filsafat mulai berbicara tentang paradoks dan keabsahan deduksi (oleh filsuf Bertrand Russel, 1903), sosiologi mulai berbicara tentang posmodernisme (sosiolog Jean Jaques Lyotard, 1979), gelombang karya seni multi-perspektif seperti dadaisme pada senirupa dan psikodelik pada seni musik, dan banyak lagi di hampir semua lini ilmu pengetahuan dan seni modern, termasuk pertanyaan tentang panjang garis pantai dan bahwa geometri mulai berkenalan dengan konsep fraktal (Benoit Mandelbrot, 1982). Filsafat ilmu pengetahuan akhirnya menyadari bahwa ada permasalahan dalam cara bagaimana kita memandang dunia. Reduksionisme filsafat sains dipertanyakan ketika akhirnya secara umum disadari bahwa "keseluruhan jauh lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya".

Dunia itu ternyata tak linier, dan sains yang ada sekarang perlu memperhatikan hal ini. Bahkan secara filosofis, ilmu pengetahuan yang ada saat ini tak boleh berdiri sendiri dengan tradisi dan konvensionalisme yang menyertainya. Pendekatan interdisiplin menjadi penting. Kenyataan akan betapa tingginya kompleksitas alam semesta dan lingkungan sosial kita akhirnya melahirkan bio-fisika, kimia komputasi, ekonofisika, sosiologi komputasi, sains kognitif, ekonomi evolusioner, dan sederet nama yang menggambarkan bagaimana ilmu pengetahuan mesti mondar-mandir melintas batas pakemnya. Dalam perjalanan sejarah ilmu pengetahuan modern, semua berlandas secara elementer pada cara kita memandang dunia, di mana geometri klasik tak pelak adalah sebuah fundamen-nya. Sejarah ilmu pengetahuan akhirnya menyadari bahwa fraktal lebih baik dan lebih tepat dalam memandang dunia. Kajian yang berdasar sifat fraktal yang menyadari "ke-tidak-purna-an" model semesta yang salah satunya ditunjukkan dengan pengetahuan akan dimensi yang bukan bilangan bulat, tapi justru adalah pecahan.

Kenyataan bahwa batik bersifat fraktal seolah menjadi hal yang menunjukkan bahwa ada kebijaksanaan terpendam dalam penggambaran dunia yang tak seperti geometri Aristotelian yang kita kenal. Hal ini implisit dalam karya-karya batik. Jika seni budaya dan sains modern telah berinteraksi sedemikian sebagaimana kita kenal saat ini, maka jelas budaya kriya batik telah berinteraksi dengan kebudayaan orang-orang yang tinggal di kepulauan Indonesia. Jika fraktal telah menginspirasi perubahan dan menjadi sumber kreativitas dan progresifitas sains di berbagai bidang dalam bentuk interdisiplinaritas, bukankah menjadi tak mungkin jika batik juga dapat memberi inspirasi dan sumber kreativitas cara pandang yang lebih baik akan dunia?

Bukan tak mungkin, bahasa orang Indonesia-nya interdisplinaritas adalah gotong-royong, sebagaimana geometrinya orang Indonesia adalah batik. Penemuan akan aspek fraktalitas pada batik (sebagaimana juga ditemukan pada banyak aspek seni dan budaya kuno dan klasik lain di banyak temapat ketika pengaruh Yunani dan Romawi kuno belum kuat, seperti Cina, India, Arab) memberi kita peringatan bahwa kita perlu mengubah cara pandang kita atas nilai tradisi dan warisan budaya kita. Menikmati batik tak pernah sama dengan cara menikmati lukisan perspektif. Menyelesaikan permasalahan secara mono-disiplin tak pernah sama dengan menggunakan pendekatan interdisiplin.

Kenyataan fraktalitas pada batik, sebagai aspek budaya visual yang erat dengan budaya dan peradaban Indonesia menjadi sebuah hal yang sangat penting.



mbatik: dari ngisen dan iterasi komputasional ke seni generatif
Perkembangan sains dan teknologi modern telah membawa kita pada generasi dimana kita bisa melakukan simulasi yang meniru proses (baik proses alamiah, fisis, biologis, bahkan pergerakan harga dan interaksi sosial) secara komputasional. Dari berbagai pendekatan sains disadari bahwa banyak sekali fenomena alam dan sosial yang terlihat rumit, acak, chaos pada dasarnya berasal dari sesuatu yang sebenarnya sangat sederhana.

Secara aritmatik, pola matematis dan dinamika yang chaos dan terlihat tak-deterministik dapat ditunjukkan dapat lahir dari apa yang sebenarnya sederhana dan justru deterministik. Ini dapat dilakukan karena teknologi komputer mengizinkan kita merekam dinamika secara iteratif.

Bagaimana dengan bentuk-bentuk dan pola yang rumit di alam, seperti awan, asap, pola garis pantai, dan sebagainya yang terlihat acak dan rumit secara visual itu? Teknologi komputasi, sebagaimana dapat diterapkan untuk melihat pola aritmatika sederhana yang menghasilkan chaos dapat pula diterapkan untuk melihat pola geometri sederhana yang menghasilkan fraktal. Usaha melihat fenomena fraktal pada batik telah memperluas pula khazanah dan peluang apresiasi yang lebih lagi pada batik.

Dekade abad ke-21 merayakan perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat. Karya-karya seni, baik rupa maupun suara mulai mengakuisisi teknologi ini untuk memperluas bidang cakupan dan ketakterbatasan daya imajinasi dan kreativitas manusia. Salah satu aspeknya adalah pemahaman akan seni generatif. Seni generatif visual modern diawali dengan membuat aturan-aturan visualisasi yang secara berulang (iteratif) memvisualkan bentuk sederhana sehingga pada akhirnya diperoleh pola-pola yang rumit dan kompleks. Pola seni ini bertumpu pada proses yang atas perulangan pola dan bentuk yang mirip pada media - sebuah kreasi karya seni yang sering menyebut-nyebut seniman Belanda, G. Escher (1898-1972) sebagai perintisnya dalam sejarah seni rupa modern. Jelas pola berulang (baca: iteratif) akan menghasilkan bentuk fraktal sebagaimana pola berulang aritmatik sederhana dapat menghasilkan pola chaos.

Pigmentasi kerang, pola sulir cangkang kerang, bentuk-bentuk rumit dari bunga salju, pertumbuhan kanker, bahkan beberapa pola pergerakan harga saham dan indeks dalam ekonomi menunjukkan pola-pola fraktal. Dengan melakukan "peniruan" secara komputasional dengan berbagai sistem komputasional, kita mengetahui bagaimana pola-pola kompleks dapat terjadi di alam semesta dan lingkunngan sosial kita. Analisis semacam ini dikenal pula sebagai bentuk analisis berdasarkan ilmu generatif, dan berbagai obyek estetik yang melahirkannya dinamai seni generatif komputasional. Dalam studi-studi komputasi dan ilmu geometri fraktal, hal-hal seperti otomata selular, himpunan Mandelbrot dan Julia, sistem-L, kurva Peano, dan sebagainya sering dijadikan bentuk referensi.

Ketika batik telah dapat ditunjukkan pola fraktalnya, maka ia menjadi memiliki peluang untuk dilihat sebagai bentuk generatif. Beruntung, karena kita memang telah pula mengetahui pseudo-algoritma bagaimana menghasilkan batik sebagaimana kita telah singgung sebelumnya: klowongan >> isen >> harmonisasi. Bahkan bukan tak mungkin, beberapa jenis pola fraktal yang telah dikenal sebagai "keindahan matematika" dapat pula meng-inspirasi pola batik. Dari sini, penelitian menunjukkan bahwa terdapat setidaknya 3 tipe pola fraktal yang secara komputasional dapat menjadi bentuk motif batik fraktal generatif secara komputasional, yakni:

Tipe 1: Fraktal sebagai Batik
beberapa jenis fraktal yang dikustomisasi sedemikian sehingga memiliki pola tertentu dapat didesain sebagai inspirasi atas konstruksi desain batik. Kustomisasi dapat dilakukan atas aturan-aturan iteratifnya, modifikasi pada bentuk pencorakan warna, dan sebagainya. Dalam demonstrasi berikut ini, kita mensimulasikan zooming dan kustomisasi teknis pewarnaan dari himpunan Mandelbrot yang dapat digunakan sebagai bahan dasar fraktal batik mode 1.

Tipe 2: Hibrida Fraktal Batik
pola-pola dari fraktal dapat digunakan sebagai pola model utama dari ornamentasi dan dasar dekorasi bersama-sama dengan isen original dari motif dasar batik dan sebaliknya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan secara komputasional apa yang merupakan motif batik tradisional dengan hasil adaptasi sedemikian dari fraktal non-batik. Modus disain ini menggabungkan secara estetik pola fraktal yangr dilahirkan secara komputasional dan apa yang dilahirkan melalui tradisi budaya batik yang luas dikenal. Dalam demonstrasi ini, ditunjukkan sebuah modifikasi dari sistem-L yang dirancang sehingga menghasilkan bentuk pengisian ruang (space-filling curves) yang dapat dijadikan sebagai bentuk bahan bagi batik untuk dikustomisasi.

Tipe 3: Batik Inovasi Fraktal
merupakan bentuk implementasi dari gambar dengan pola tertentu dan atau acak dengan menggunakan bentuk-bentuk teselasi iteratif atau algoritma pengisian dari ornamentasi batik yang asali sebagai isen atau pola batik yang telah dikenal secara tradisional. Hal ini dapat dilakukan dengan ekstraksi motif dasar dari ornamentasi batik yang kemudian di-iterasi ulang dengan menggunakan pseudo-algoritma batik yang telah dikenal. Sebagai contoh demonstratif sebagaimana yang ditunjukkan pada contoh ini. Di sini, dua motif batik di-proses ulang secara komputasional dengan memberikan desain besar atas pola umum yang secara komputasional akan diproses (isen dan harmonisasi) yang menghasilkan sifat-sifat fraktal sehingga menghasilkan motif yang sama sekali baru dengan memperhatikan pola dan prinsip proses mbatik. Pengguna dapat melakukan kustomisasi dengan pewarnaan tertentu.

Ketiga pola ini merupakan bentuk dari implementasi generatif atas kesadaran bagaimana batik memiliki sifat fraktal dan mendukung peluasan bentuk apresiasi terhadap budaya tekstil Indonesia non-tenun ini.

Catatan
Budaya batik berasal dari pemahaman kognitif yang tertuang ke dalam karya estetika visual yang sedikit banyak memberi gambaran implisit tentang bagaimana orang Indonesia memandang dirinya, alamnya, dan lingkungan sosialnya. Pola batik yang diketahui bersifat fraktal merupakan sebuah kenyataan bahwa terdapat perspektif alternatif yang ada di kalangan masyarakat dan peradaban Indonesia yang unik relatif terhadap cara pandang modern yang umum. Keunikan ini merupakan sesuatu yang penting mengingat fraktal merupakan bentuk pemahaman geometri yang mutakhir dan memiliki kesadaran akan kompleksitas sistem dan menanganinya dengan lebih bijaksana.

Batik sebagai sebuah obyek estetika berpola memiliki tata aturan penggambaran pseudo-algoritmik yang dapat diperlakukan sebagai bentuk seni generatif yang memiliki kegunaan:
- memberikan sumbangan dan inspirasi kepada peradaban umat manusia, khususnya dalam bidang perkembangans seni generatif.
- mendorong dan memperluas ekslorasi dan apresiasi atas batik sebagai bagian dari seni tradisi nusantara Indonesia.
- penelitian tentang aspek fraktalitas pada batik secara umum mendorong penggalian lebih jauh tentang aspek kognitif terkait cara pandang dan kebijaksanaan masyarakat terdahulu kita tentang alam dan masyarakat - mengingat eratnya kaitan antara seni dan sains sebagaimana ditunjukkan dalam sejarah perkembangan dan sejarah sains modern.

Mari mencintai Indonesia!
Mari menginspirasi dunia!
Selengkapnya...

*Keunikan Bangsa Indonesia


Januari - Februari ini bener-2 bulan berat bro. Selain repot dengan kerjaan (abis audit 2 minggu dan harus bikin corrective action dari temuannya), juga masalah-2 lain serta musibah-2 yang beruntun. Fiuh....whatever lah....!! yang penting maju terus, tawakkal, hajar bleh, sesekali stress jg gpp siy....he he he (aku klo stress suka ngusilin teman :D).

Eh, karena sibuknya dunia-ku....sampe kelupaan ma nasib blog-ku. Padahal sejak awal pengen 1 hari = 1 postingan, tp februari ini 4 postingan dan sekarang aja udah tanggal 11. Yaaa...apapun itu, maju terus lah.

Hari ini aku mau memposting tentang rekor-2 unik dari bangsa tercinta ini. Bangsa Indonesia tuh unik lho. Karena uniknya itu, hingga banyak hal yang diakui oleh dunia internasional. Ini artikel lama siy, tp kalo di refresh lagi khan lumayan buat pengetahuan.

Berikut hal-hal unik tersebut yang diakui oleh dunia internasional :

1. RI merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).

2. Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

3. Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hamper penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.

4. Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.

5. Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

6. Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia. Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.

7. Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).

8. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus” yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

9. Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.

10. Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.

11. Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambing supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).

12. Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.

13. Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).

14. Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.

15. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).

16. Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.

17. Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.

18. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut / abrasi.

19. Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.

20. Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.

21. Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.

22. Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.

23. Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

24. Letusan Gunung Terdahsyat di dunia. Gunung Tambora yang terletak di Pulau Sumbawa meletus bulan April tahun 1815 ketika meletus dalam skala tujuh pada Volcanic Explosivity Index. Letusan gunung ini terdengar hingga pulau Sumatra (lebih dari 2.000 km). Abu vulkanik jatuh di Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. Letusan gunung ini menyebabkan kematian hingga tidak kurang dari 71.000 orang dengan 11.000—12.000 di antaranya terbunuh secara langsung akibat dari letusan tersebut. Bahkan beberapa peneliti memperkirakan sampai 92.000 orang terbunuh. Lebih dari itu, letusan gunung ini menyebabkan perubahan iklim dunia. Satu tahun berikutnya (1816) sering disebut sebagai Tahun tanpa musim panas karena perubahan drastis dari cuaca Amerika Utara dan Eropa karena debu yang dihasilkan dari letusan Tambora ini.


Niy, ada tambahan terbaru lagi :

25. Pulau Bungin di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa NTB, merupakan pulau kecil buatan terpadat didunia melebihi kepadatan pulau Jawa dengan kepadatan 36000 jiwa/km2 sedangkan kepadatan pulau jawa hanya sekitar 813 jiwa/km2 atau kepadatan pulau Bungin sama dengan 44 kali kepadatan pulau Jawa. Pulau yang hanya seluas 8 hektar ini mempunyai jumlah penduduk sebanyak 2.800 Jiwa.

26. Spa terbaik di dunia berada di pulau Bali, penghargaan SPA Terbaik didapat dari majalah Senses di Eropa. Sebanyak 60.000 pembacanya menyatakan Bali sebagai The Best Spa Destination in The World 2009.

27. Indonesia menjadi negara dengan jumlah bank dan lembaga keuangan yang berlandaskan sistem syariah terbanyak di dunia. Hal ini terbukti dengan hadirnya 33 bank, 46 lembaga asuransi, dan 17 mutual fund yang menganut sistem syariah untuk semester pertama tahun 2009.

28. Sejak tahun 2006 Indonesia telah menjadi produsen minyak sawit terbesar di dunia dengan hasil produksi pada tahun 2006 mampu mencapai sebesar 16 juta ton pertahun. Bersama dengan Malaysia, Indonesia menguasai hampir 90% produksi minyak sawit dunia.

29. Eksport nanas Lampung tahun 2008 menduduki peringkat dua terbesar di dunia.

30. Paguyuban Pencinta Batik Pekalongan mendapat penghargaan Guinness World Records tahun 2005 setelah berhasil membatik kain sepanjang 1.200 meter persegi (setara 12.916 kaki) oleh 1.000 pembatik tulis berikut pewarnaannya dalam waktu satu hari.

31. Satu dari 4 masjid kubah emas didunia terdapat di Indonesia. Berikut nama dan tempat masjid kubah emas 1. Masjid Jame’ Asr atau Masjid Bandar Seri Begawan di Brunei, 2. Masjid Al-Askari di Samarra, Irak, 3. Masjid Qubbah As Sakhrah / Dome of the Rock di Yerusalem, Palestina, 4. Masjid Dian Al Mahri di Depok, Indonesia. Pengen banget kesono, tp ga tau kapan deh...he he he

32. Indonesia sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan pengguna facebook paling tinggi di asia tenggara. Pada tahun 2008, pengguna facebook di Indonesia tumbuh 645 persen mengalahkan China, India, Malaysia, Thailand, dan Singapura. Termasuk aku juga siy...he he he. Cuman sekarang jadi male ngisi status :(

33. Negara Asia pertama yang berpartisipasi dalam Piala Dunia. Klo yang ini aku yakin banyak yang ga tau, coz waktu itu (kalo ga salah) sejarahnya indonesia tuh nggantiin rusia yang ga jadi tampil di piala dunia.


Lihat kawan, betapa makmurnya bangsa ini. Betapa kayanya bangsa kita. Tp ya mbok jangan suka berantem napa...?!?! jangan suka dikorupsi....?!?! Pejabat-2 yang korupsi tuh kemaruk semua yak. Coba kalo dikelola dengan baik, kita bakal jadi bangsa paling kaya.

Dan juga mari dijaga lingkungan kita. Jangan buang sampah sembarangan, jangan asal tebang pohon tapi ga mau nanem lagi, jangan pipis sembarangan, jangan lupa kunci pintu kalo mo keluar, jangan bicara ma orang asing yang elum kita kenal, jangan lupa sikat gigi sebelum bobo', jangan ada dusta diantara kita, jangan-jangan kau menolak cintaku.....(singing mode on), jangan-2 bentar lagi ketawa-2 sendiri niy....he he he
Selengkapnya...

*Jelajah Keunikan Pulau Marsegu

NERACA - Pulau Marsegu terletak di bagian barat Pulau Seram (Nusa Ina / Pulau Ibu) yang terkenal memiliki Taman Nasional Manusela. Secara administratif pulau Marsegu termasuk dalam Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku. Pulau ini diberikan nama oleh masyarakat sebagai "Pulau Marsegu" karena mempunyai satwa Kelelawar yang begitu banyak. Kata Marsegu berasal dari bahasa daerah yang berarti Kelelawar.

Selain Kelelawar dapat ditemui juga satwa-sat-wa yang dilindungi seperti Burung Gosong Mega-phodius reinwardtii (Maleo) dan Kepiting Kelapa (Birgus latro) atau yang bahasa daerahnya disebut "kepiting kenari". Masih banyak satwa burung lain yang menjadikan pulau ini sebagai habitat makan, bermain dan tidur.

Tidak hanya satwa daratan saja yang dapat memukau kita. Potensi sumberdaya alam lautnya juga cukup besar. Terdapat beragam terumbu karang beraneka warna yang dapat disaksikan keindahannya. Begitu pula berbagai corak kehidupan laut dengan ikan karang yang beraneka ragam bentuk dan ukuran.

Untuk yang gemar makanan laut (seafood) dapat menikmati sepuasnya di pulau ini. Mau memancing sendiri atau dapat juga membeli dari masyarakat di sekitar pulau ini yang penghidupan-nya bersumber dari laut. Satwa lautnyapun sangat beragam, kita bisa memilih berbagai macam jenis ikan yang disuka dan mengolahnya dengan keinginan sendiri. Bisa dibakar, digoreng atau dengan cara lain.

Menjadi kawasan hutan lindung, tentunya membuat Pulau Marsegu memiliki berbagai komunitas hutan. Di antaranya adalah hutan sekunder yang merupakan hasil tindakan dari masyarakat sebagai lahan untuk berkebun.

Komunitas hutan sekunder ini merupakan hutan yang tumbuh di atas batu karang, secara bertahap telah terjadi proses pelapukan. Dahulunya daerah ini merupakan hutan primer dengan diameter pohon lebih dari 100 cm. Namun kawasan itu telah ditebang dan dijadikan lahan untuk menanam umbi-umbian sebagai bahan makanan.

Setengah dari Pulau ini merupakan daerah hutan mangrove dengan jenis-jenis mangrove yang juga terdapat pada daerah lain, seperti Rhizophora mucronata, Rhizophora apiculata, Brugueira gym-norrhiza, Brugueira sexangula, Ceriops tagal, Xylo-carpus mollucensis, XylocarpUs granatum, Heritiera littoralis, Lumnitzera littorea, Aegiceras cornicula-tum, Excoecaria agallocha, Pemphis acidula dan Scyphiphora hydrophyllacea.

Zone terluar dari daerah mangrove adalah Rhizophora mucronata kemudian bercampur dengan Rhizophora apiculata dan dibagian tengah adalah Brugueira gymnorrhiza, Brugueira sexangula, Ceriops tagal, Xylocarpus mollucensis dan Xylocar-pus granatum.

Sementara di bagian timur dari Pulau Marsegu terdapat vegetasi hutan pantai yang mempunyai pantai pasir putih sepanjang 1600 meter. Jenis vegetasi yang terdapat pada zone ini adalah Cordia subcordata, Pongamia pinnata, Terminalia catappa dan Baringtonia asiatica.

Di bagian utara pantai pasir putih terdapat zone Ipomea pescaprae yang didominasi oleh rumput angin (Spinifex littoreus) dan Katang-katang (Ipomea pescaprae). Lokasi ini merupakan tempat wisata yang menarik untuk menikmati pemandangan laut serta menghirup udara pantai yang segar.

Untuk yang mau berkemah atau tinggal beberapa hari di pulau ini, tersedia 2 (dua) buah sumur sebagai sumber air tawar yang biasanya juga dipergunakan oleh masyarakat sekitar untuk air minum, mandi dan cuci. Jadi kita tak perlu ragu untuk mengunjungi lokasi wisata yang sangat eksotis ini. *lir/dbs

Selengkapnya...

*Keunikan Pemalas


Menjadi seorang pemalas tidaklah sulit. Hebatnya lagi, setiap pemalas pasti memiliki keunikan-keunikan tersendiri.

Berikut saya akan paparkan keunikan-keunikan seorang pemalas. Berharap agar pemalas yang kebetulan membaca tulisan ini tidak tersinggung, melainkan mulai mengubah kebiasaan hidupnya…

Pertama, selalu saja memiliki alasan untuk menghindar dari sebuah pekerjaan.

Cobalah tengok kehidupan seorang pemalas yang Anda kenal. Tak perlu kaget kalau orang tersebut selalu saja punya alasan untuk “menyelamatkan diri” dari pekerjaan yang sudah menanti. Seseorang yang masuk kategori “pemalas” akan selalu punya alasan untuk tidak pergi ke mesjid, cuaca yang buruklah, Imam/khotib yang membosankanlah, Jalanan Becek dan licin yang tidak nyaman, kantuk, dingin, dsb.

Kedua, selalu menunda pekerjaan.
Tak perlu heran kalau melihat seorang pemalas selalu menunda pekerjaan yang harusnya segera diselesaikan. Itu memang sudah menjadi ciri khasnya. Menunda pekerjaan dan membiarkannya sampai menumpuk. Lalu setelah kelimpungan, barulah ia bingung sendiri dan bisa-bisa malah tidak mau mengerjakannya sama sekali.
Salah satu alasan bagi pemalas untuk tidak bekerja adalah karena ia berpikir
bahwa hal tersebut adalah perkara kecil dan sepele. Ia selalu berpikir bahwa
hal-hal kecil seperti itu hanya akan membuang-buang waktu saja. Sementara kita tahu bahwa banyak hal besar justru diawali dengan hal-hal kecil lebih dulu.
Tanpa mau mengawali dengan hal kecil, bagaimana mungkin Tuhan akan
mempercayakan perkara-perkara yang lebih besar?
Sangat berharap bahwa keunikan-keunikan tersebut tidak ada pada diri
Anda. Namun sekiranya ada, baiklah kita mengambil keputusan untuk meninggalkan budaya malas ini.

Tinggalkan budaya malas!…..sekarang juga!!!

Selengkapnya...

*4 Keajaiban Dunia Yang Tidak Terkenal [U Must See!!]


Tempat-tempat ini meskipun luar biasa menakjubkan, namun tidak banyak orang tahu. 10 tempat ini memang tidak seterkenal 7 keajaiban dunia. Sebenarnya 10 tempat ini pernah juga ‘mampir' di pemilihan "seven wonders" yang terkenal itu, tapi mungkin ‘belum rejeki' ya, jadi nggak masuk .

Yah, anda sendiri kan tahu beratnya persaingan untuk lolos "seven wonders". BtW, gak perlu berpanjang kata, mari kita lihat gambar-gambar 10 tempat menakjubkan yang tak popular ini. Silahkan anda menilainya!

1.Banaue Rice Terraces di Filipina

Dari gambar ini kelihatan luar biasa, ya, sawah irigasi kuno yang berumur 2000 tahun. Terletak di gunung Ifugao Filipina, terkenal dengan sebutan Banaue Rice Terraces. Tidak muluk-muluk, tapi Filipina merasa cukup puas seandainya Banaue Rice Terraces ditempatkan sebagai "Keajaiban Dunia ke Delapan".

Diperkirakan, sawah yang ‘diukir' di gunung Ifugo ini, dibuat dengan peralatan yang sangat tradisional oleh nenek moyang bangsa Filipin. Sawah petak ini berada di 1.500 meter di atas permukaan laut dan mengelilingi lereng gunung sejauh 10.360 kilometer persegi.

Yang luar biasa, nenek moyang sudah mengatur sedemikian rupa pengairan sawah yang berasal dari hutan yang berada atas persawahan itu. Penduduk setempat sampai hari ini masih menanam pati juga sayuran di sawah itu.

Erosi, merupakan salah satu ancaman bagi keberadaan sawah kuno ini. Karenanya, pemerintah juga warga sekitar sangat peduli hal ini, perawatan serta rekonstruksi dilakukan terus menerus, untuk menjaga kelestariannya.

2.Sigiriya di Sri Langka

Ini adalah sisa-sisa peninggalan istana kuno yang terletak di atas bukit batu. Sigiriya atau Batu Singa, begitu sebutannya. Terletak di Matale District, Sri Lanka, dikelilingi hutan, waduk, juga kebun. Letaknya yang unik, ditambah dengan pemandangan menakjubkan, membuat Sigiriya banyak dikunjungi wisatawan. Melihat dari udara, Sigiriya seperti lukisan kuno yang mengingatkan orang pada Ajanta Caves di India.

Sigiriya dibangun pada masas pemerintahan Raja Kassapa I yang memerintah dari 477-495 AD. Tempat ini adalah satu dari tujuh peninggalan kuno yang dimiliki Sri Langka. Diduga, Sirigiya didiami sejak masa pra-sejarah. Lalu, pada abad ke-5 BC, tempat ini dipakai sebagai biara.

3. Tower of Hercules di Spanyol

Menara Hercules adalah mercu suar kuno peninggalan Romawi yang terletak di semenanjung, sekitar 2,4 kilometer (1,5 mil) dari pusat Corunna, Galicia, barat laut Spanyol. Nama Corunna berasal dari kolom kuno. Tinggi tower ini 55 meter menghadap pantai Atlantik Utara, Spanyol.

Konon, usia tower ini sudah mencapai 1900 tahun, direhabilitasi tahun 1791. Ini adalah mercu suar peninggalan Romawi yang hingga kini masih difungsikan.

4. ToruĊ„, Kota Kuno di Polandia Utara yang Masih Eksis

Toru adalah kota di Polandia utara, persisnya di Vistula River. Ini adalah kota kuno yang telah ada sejak 1100 BC yang sampai sekarang masih eksis. Kota ini adalah kota kelahiran Nicolaus Copernicus (Seorang astronom, matematikawan, dan ekonom. Teorinya yang terkenal adalah matahari sebagai pusat Tata Surya, menjungkirbalikkan teori geosentris tradisional -yang menempatkan Bumi di pusat alam semesta- dianggap sebagai salah satu penemuan yang terpenting sepanjang masa, dan merupakan titik mula fundamental bagi astronomi modern dan sains modern. Teori ini menimbulkan revolusi ilmiah)

Toru menjadi cikal bakal pemukiman pertama di daerah itu, diperkirakan telah ada sejak 1100 BC. Kota itu berkembang pada abad pertengahan, yakni abad ke 7 hingga ke 13. Kemudian Kesatria Teutonic membangun benteng di sekitar pemukiman, antara tahun 1230-31. Pada 1263, biarawan Franciscan menetap di daerah itu mengikuti Dominika pada 1239.

Kota ini semakin berkembang dengan dibangunnya kota baru di dekat Toru. Kedua kota ini berkembang menjadi pusat perdagangan penting pada abad pertengahan.
Kalau anda melihat potret ini, sungguh menarik. Tempat ini sejak dulu hingga sekarang banyak dikunjungi. Kalau dulu karena menjadi kota dagang, sedang sekarang menjadi kota wisata yang sarat dengan sejarah masa lalu.

Selengkapnya...

*Industri tambang memiliki sifat unik yang tidak dimiliki oleh industri lain

Pemahaman tentang keunikan ini mutlak diperlukan bagi siapa saja yang ingin terjun di bisnis tambang, para profesional, atau yang ingin sekedar jadi pengamat. Berikut beberapa keunikan tersebut:

1. Padat modal

Bisnis tambang adalah bisnis padat modal. Dibutuhkan investasi besar untuk bergelut di bisnis ini. Pada banyak kasus, cadangan mineral umumnya ditemukan di daerah-daerah terpencil. Karena terpencil, jalan masuk ke lokasi tambang belum tentu ada. Hingga jadi tanggung jawab perusahaan untuk membuat jalan masuk itu.

Investasi besar juga dibutuhkan untuk membeli alat-alat tambang yang harganya selangit. Ini belum termasuk pembangunan pemukiman untuk pekerja dan bangunan kantor. Dari sini dapat dibayangkan, berapa duit yang dibutuhkan untuk membangun bisnis ini dari nol.

2. Masa persiapan produksi yang panjang

Cadangan tambang tidak mungkin ujug-ujug ditemukan. Langkah pertama tentu saja dengan memulai kegiatan pencarian (eksplorasi).

Eksplorasi ini pun tak selamanya berhasil. Sudah habis modal banyak eh cadangan yang menguntungkan ternyata tak kunjung ditemukan. Kalau sudah begini, terbuang percuma saja semua uang yang sudah dikeluarkan.

Anggap saja tim eksplorasi menemukan cadangan bagus, langkah selanjutnya adalah memperoleh ijin penambangan. Proses ini jelas butuh waktu.

Saat ijin sudah dikantongi, pembuatan jalan masuk dan segala sarana prasarana dapat dimulai. Setelah semua siap, tanah penutup (tambang terbuka) perlu dikupas dan terowongan (tambang bawah tanah) perlu digali sebelum cadangan dapat diambil.

Dari semua tahap itu, dapat dibayangkan panjangnya waktu yang mesti dilalui mulai dari eksplorasi hingga sebuah bahan tambang bisa diambil dan dijual. Lamanya waktu tentu saja bervariasi, tapi ini bisa berkisar antara 2 hingga mungkin 10 tahun.

Sebelum transaksi penjualan terjadi, selama itulah uang akan terus keluar.

3. Bisnis beresiko tinggi

Resiko tambang bervariasi mulai dari bencana alam (banjir, gempa bumi) hingga kesalahan teknis. Lereng pada tambang terbuka dapat saja longsor, terowongan yang digali dapat saja runtuh akibat desain yang tidak tepat. Satu kesalahan kecil dapat berakibat kerugian raksasa.

4. Berurusan dengan sumber daya yang tidak dapat diperbarui

Usia bisnis pertambangan di suatu daerah pasti terbatas. Pembatas ini tak lain adalah jumlah cadangan itu sendiri. Setelah cadangan habis dan tidak ditemukan cadangan lain, maka berakhirlah semua operasi.

Konsekuansi lain, kegiatan penambangan juga memerlukan kecermatan dalam desain dan pelaksanaan. Satu kesalahan desain dapat berakibat tidak dapat diambilnya cadangan yang terbatas dan tak terbarukan itu. Selengkapnya...

*Keunikan Sejarah lagu Halo-Halo Bandung

Penciptaan lagu Hallo-hallo Bandung oleh Ismail Marzuki sangat unik. Keterlibatan Ismail Marzuki dalam memimpin Studio Orkes NIROM II Bandung, membuat ia jatuh cinta pada Miss Eulis. Setelah bermukim di Jakarta, ingatan akan kota Bandung menjadi kenangan indah, sehingga terciptakan lagu Hallo Bandung dalam Bahasa Sunda. Sampai pada bentuknya yang kita kenal sekarang, lagu Hallo-hallo Bandung ternyata memiliki tiga versi.


SEBELUM Perang Dunia II banyak sandiwara keliling dari kota ke kota merupakan hiburan rakyat yang bermutu. Antara lain dapat disebut Dardanella, Miss Riboet, Miss Dja, Tjaja Timoer, Bintang Soerabaya dengan tokoh-tokohnya Fifi Young, Sally Young, Tan Tjeng Bok dan lain-lain.

Cerita yang paling populer dan sering dipentaskan antara lain Dokter Samsi, Gagak Solo dengan gagak betulan, Jembatan Merah dan lain-lain. Gesang menciptakan lagu Jembatan Merah berirama keroncong yang sentimental untuk ilustrasi musik pementasan cerita dengan judul yang sama. Pada 30 Oktober 1945 terjadi pertempuran di sekitar daerah Jembatan Merah Surabaya, dan Brigadir Inggris Mallaby tewas tertembak. Secara historis tidak ada kaitan antara peristiwa pertempuran Surabaya 1945 dengan penciptaan ilustrasi musik Jembatan Merah tahun 1930-an. Namun lagu ini diangkat menjadi lagu perjuangan khas Surabaya, yang selalu berkumandang dalam peringatan hari-hari nasional di bulan Agustus, Oktober dan November setiap tahun.

Tidak kurang uniknya adalah sejarah lagu yang dikenal Hallo-hallo Bandung ciptaan Ismail Marzuki. Karena mendapat tugas memimpin Studio Orkes NIROM II Bandung di Tegallega bersama Jan Snijders dengan sederetan penyanyi Miss Lee, Miss Netty, Miss Annie Landauw, Miss Nining dan juga Miss Eulis, komponis Betawi itu jatuh cinta pada yang disebut terakhir, yang dinikahinya sekitar tahun 1940 dan diberi nama Eulis Zouraida, mojang Priangan berdarah Sunda-Arab. Selagi pacaran diciptakan lagu Als de Orchiedeen Bloeien dan Panon Hideung, sebuah lagu Rusia dengan syai Sunda. Memang Eulis Bandung itu bermata hitam (Black Eyes), hidung mancung, kulit kuning seperti liriknya dalam bahasa Sunda.

Setelah bermukim kembali di Jakarta, ingatan ke kota Bandung merupakan kenangan indah, sehingga terciptalah lagu berjudul: Hallo Bandung, juga dalam bahasa Sunda, dengan syairnya sebagai berikut:

Halo2 Bandung, ibu kota Periangan;
Halo2 Bandung, kota inget-ingetan;
Atos lami abdi patebih, henteu patingal;
Mugi mugi ajeuna tiasa tepang deui;
‘tos tepang ‘teu panasaran.

(Lagu & Sjair: Ismail MZ)

Dikutip dari: 10 Lagu Indonesia oleh Ismail MZ, terbitan Humala Pontas tertanggal 14-4-1950. Terjemahannya kira-kira sebagai berikut:

Halo-halo Bandung, ibu kota Periangan;
Halo-halo Bandung, kota kenang-kenangan;
Sudah lama saya berjauhan, tidak terlihat;
Semoga sekarang dapat jumpa lagi;
Setelah jumpa, tidak penasaran.

Di sini terbukti, lagu itu berjudul Hallo Bandung, bukan Hallo-hallo Bandung, lahir sebagai rasa rindu yang sentimental. Di zaman Jepang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, rasa rindu tetap melekat. Di Perpustakaan Musik RRI Jakarta terdapat partitur lagu Hallo Bandung dalam bahasa Indonesia yang menurut katalog sebagai ciptaan dan gubahan Ismail Marzuki. Katalog itu berasal dari NIROM. Syairnya berbunyi sebagai berikut:

Hallo-hallo Bandung, Ibu Kota Pasundan;
Hallo-hallo Bandung, kota kenang-kenangan;
Lama sudah beta, ingin berdjumpa pada mu;
S’lagi hajat dan hasrat masih dikandung badan;
Kita ‘kan djumpa pula.

Selain itu ada sebuah duplikat dari partitur itu yang syairnya diubah Ismail Marzuki dengan tulisan tangannya dan paraf Mz. Ada pun bunyinya seperti yang dikenal sekarang:

Hallo-hallo Bandung, ibu kota Periangan;
Hallo-hallo Bandung, kota kenang-kenangan;
Sudah lama beta, tidak berjumpa dengan kau;
Sekarang telah menjadi lautan api,
Mari Bung rebut kembali.


DENGAN demikian paling sedikit ada tiga versi lagu Hallo Bandung ciptaan Ismail Marzuki. Sebut saja versi sebelum Perang Dunia II dengan bahasa Sunda; versi zaman pendudukan Jepang dan terakhir versi Bandung Lautan Api (BLA) yang kita kenal sekarang.

Konon dengan datangnya pasukan Inggris di Jakarta, keadaan menjadi genting sehingga Ismail Marzuki dan istri mengungsi ke Bandung. Dalam peristiwa BLA mereka bersama pejuang meninggalkan kota dan melihat pembumihangusan kota (24 Maret 1946). Sambil berjalan menyanyikan lagu rindu pada kota Bandung yang penuh kenangan. Teringat pada I shall return-nya Jenderal MacArthur, maka bait-bait terakhir diubah dengan penuh semangat: Sekarang telah menjadi lautan api, mari bung rebut kembali! Para pejuang sangat antusias dengan perubahan itu.

Untuk menghibur para pejuang di Bandung Selatan Pak Kasur (Soerjono almarhum) bulan Mei 1946 menyelenggarakan sandiwara keliling. Diundanglah para pejuang untuk berpartisipasi dan meramaikannya. Pasukan Istimewa dengan Koor Batak mengumandangkan lagu Hallo-hallo Bandung versi BLA dengan penuh semangat dan gaya khas Tapanuli yang disambut tepuk tangan meriah serta teriakan: “Bis! Bis!” agar diulang. Pak Kasur dibantu Ibu Kasur bersama para pejuang kemudian mempopulerkan lagu itu sehingga menjadi top hits dan menyebar ke seluruh pelosok tanah air. Sekarang merupakan aset kebanggaan nasional terkenal sampai luar negeri.

Apabila lagu Jembatan Merah menjadi lagu perjuangan karena pertempuran hebat di Surabaya, maka Hallo Bandung versi 1946 keluar dari BLA dahsyatnya api perjuangan Jawa Barat. Selaku komponis pejuang sekaliber maestro Ismail Marzuki telah banyak menciptakan lagu perjuangan Indonesia Pusaka, Selendang Sutera, Melati di Tapal Batas, Sepasang Mata Bola yang merupakan kebanggaan kota Yogyakarta, dan banyak lagi.

Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya yang disebut Hari Pahlawan Indonesia pun tidak luput dari perhatiannya. Maka diciptakan sebuah lagu mars berjudul Arek Suroboyo, yang tidak begitu dikenal. Sekiranya lagu itu diubah dengan apik dan dipopulerkan seperti Hallo Bandung niscaya akan segera mengorbit memberi pamor tambah bagi Surabaya, seperti Rek ayo Rek-nya Arianto dan Gebyar-gebyar-nya Gombloh. Itulah sumbangsih Ismail Marzuki yang perlu mendapat perhatian para rekan Arek Suroboyo untuk menghidupkannya kembali demi menghargai sikap simpatik dan solidaritas perjuangan Jawa Barat dan Jawa Timur di tahun 1945-1946.

Ismail Marzuki lahir 11 Mei 1914 dan wafat 29 Mei 1958, sehingga bulan Mei merupakan kesempatan baik untuk memperingati jasa-jasanya. Apalagi lagu Hallo-hallo Bandung diperkenalkan dan dipopulerkan dalam sandiwaranya Pak Kasur di Majalaya bulan Mei 1946, sehingga sekaligus merupakan peringatan 50 tahun lagu itu, bila dilakukan nanti dalam bulan Mei 1996. Juga satu kesempatan emas untuk menghidupkan kembali lagu Arek Suroboyo yang partitur-nya dapat diupayakan lewat keluarga Ismail Marzuki almarhum.

Ibu Eulis Zouraida dalam usia 79 tahun kini dalam keadaan sakit di rumah kontrakan sederhana di daerah Sawangan, Bogor. Akan tetapi puterinya, Rachmi Aziah, masih menyimpan peninggalan karya besar almarhum. Selengkapnya...

*Keunikan-Keunikan Sinetron Indonesia


Sinetron Indonesia mempunyai keunikan-keunikan. Keunikannya pun juga beragam. Berikut keunikan-keunikan dari sinetron Indonesia:
1. Umumnya yg kaya punya anak cewek tunggal atau sepasang anak cewek-cowok, jarang ditampilin punya anak sampai tiga ke atas, apalagi tujuh anak!

2. Orang tua yg orang kaya ini umumnya suka menjodohkan anaknya ke orang lain yang berasal dari keluarga orang kaya juga.

3. Saat makan malam/pagi, biasanya satu keluarga lengkap duduk di meja makan, menggunakan sendok garpu, makanan berlimpah, buah-buahan yang komplit, beserta jus.

4. Yang jadi orang jahat, biasanya orang yang matanya suka melotot, dan ketawa yg menyeramkan.
5. Kalau cewek lagi jalan sendirian, pasti digoda penjahat bergerombol yg suka ketawa keras.

6. Polisi yang ditampilakn umumnya berpangkat ipda (garis satu) sampai kapten (garis tiga), gak pernah sampe pangakt jenderal yg dipake.

7. Kendaraan yg dipake si kaya biasanya kalo gak mercedes, BMW, atau audy.

8. Kalau sinetron anak sekolahan, umumnya si murid suka berpakaian seenaknya, bajunya gak rapi, ada yg gondrong, ada yg pake rok di atas lutut, pakai lipstik. Semakin dia tokoh utamanya, semakin gak tertib pakaiannya.

9. Yang jadi ibu guru umumnya memakai kacamata, agak gemuk, dan galak.

10. Pasti ada adegan di diskotik, entah itu sinetron remaja, entah itu sinetron horor, sampe sinetron religi.

11. Kalau adegan tabrakan, umumnya mobil yg melaju tiba-tiba berhenti mendadak, si korban sudah terkapar dengan kepala berdarah, tapi kita gak liat tabrakannya entah gimana. Entah kenapa semua sinetron punya adegan ketabrak seakan-akan menggambarkan kenyataan orang Indonesia yg banyak nembak SIM.

12. Motor yang suka dipake, biasanya motor besar kayak Harley, dan kadang-kadang ada yg ngk pake helm standar. Mana nih pak polantasnya?

13. Pembantu umumnya suka gantung handuk kecil di bahu, dan duduk lantai tiap ngobrol ama majikannya yg duduk di sofa.

14. Kalau ada adegan lagi telponan, pasti penontonnya mendengar suara si penelpon.

Maaf ya semua kalau tidak semuanya benar.

Selengkapnya...

*Museum sejarah Indonesia di Surabaya




Museum Sejarah Indonesia di Surabaya ini merupakan sebuah tempat edukatif sekaligus rekreatif tentang sejarah Indonesia. Keberadaan bangunan ini mengambil konsep Ratu Adil yang wibawa dan komunikatif dalam legenda sejarah Jawa. Museum ini menggunakan keunikan dari presiden - presiden yang memimpin Indonesia sebagai jalan cerita utama. Bangunan yang ditujukan untuk seluruh penduduk Indonesia ini, dibangun dengan tujuan menarik kembali minat masyarakat untuk mempelajari sejarah dengan pendekatan yang berbeda. Tujuan lain didirikan bangunan ini adalah menyediakan fasilitas penelitian terhadap keganjalan dalam sejarah Indonesia. Selain itu, museum ini diharapkan menjadi ruang berkumpulnya masyarakat Surabaya. Fasilitas yang disediakan antara lain Perpustakaan buku dan video, ruang seminar, dan ruang berkumpul terbuka yang terhubung dengan taman Apsari dan Arca Joko Dolog.
Selengkapnya...

*KEUNIKAN INDONESIA

20 Keunikan Indonesia yang Cuma Ada Di Indonesia.

Ini adalah foto-foto khas dari sebuah entitas bernama ‘Indonesia’ dengan segala keunikannya yang tidak ada bandingannya dengan negara lain di dunia!! Ini adalah wajah khas Indonesia yang banyak orang tidak menduga dan membayangkannya. Sebuah suguhan kultural yang menarik dan nikmat dipandang. Selamat menikmati!!

Pic No.1


Berjualan dimana saja selagi ada tempat. Bahaya? Nomor tujuh!! Gak ada aturan kok. Selama pemerintah membiarkan dan tidak menyediakan sarananya berarti boleh, ya gak? gitu aja repot.




Pic No.2

Naik public transport gimana aja caranya, selama polisi hanya menonton, tidak menegur dan tidak menilangnya. Yang penting sampe. Celaka? Emangnya gue pikirin …


Pic No.3


Orang Sunda meyakininya sebagai “makanan surga yang turun dari kayangan.” Makan bersama sang primadona ini, dijamin, nambah nasi 3 kali adalah minimal!!


Pic No.4

Kitab suci tanpa sampul. Sebenarnya, Al-Qur’an di Indonesia sudah sejak lama tampil begini. Ciri khas pesantren tradisional Indonesia. Tapi jangan salah, jejak ini adalah kenangan manis santri-santri yang kini sukses jadi orang. Jejak ini juga telah melahirkan banyak ulama besar Indonesia.


Pic No.5

Menjemur yang berdaya cipta. Hanya orang Indonesia yang kreatifnya sampe begini ini. Kepikiriin…. aja. Sayang buahnya masih mentah. Coba sudah mateng apalagi masak. Agak kuning langsat gitu, pasti buah ini merangsang.


Pic No.6

Naah … ini dia khas Indonesia yang lain. Tulisan-tulisan di truk sangat nikmat dicerna sebagai obat stress. Lihat saja contohnya di atas: “”Jail ih” (seorang anak menyingkapkan rok tante2 seksi). “Tak ada waktu untuk mama!”, “Pemburu Janda!” “Begini nasibku.” Yang lucu yang lain yang pernah saya baca misalnya: “Pulang malu tak pulang rindu,” “Antar istri, jemput pacar,” “Istighfar euy!” (nyindir pasangan yang sedang dilanda syahwat dalam mobil yang ada dibelakang truknya),” “Dirarang meroko sebelum ngopi!” Hahaha …. Dunia truk sngat menarik dan supir2 truk itu ternyata kreatif-kreatif juga. Kalimat-kalimat dan lukisan dalam truk adalah gambaran kehidupan para supir truk yang khas dalam dunianya ….


Pic No.7

Pesta rakyat Agustusan. Walaupun banyak yang mengkritik, peringatan kemerdekaan bangsa kok acaranya hanya gini-gini aja, kurang bermakna. Biarin aja! Jaman kolonial kita gak bisa beginian. Gawat, bisa di dor sama kumpeni!! Mau?? Jangan sentimenlah, yang penting rakyat senang. Kapan pemerintah dan pejabat kita akan menyenangkan rakyat?? Kapan? Ayo jawab?? Gak bisa jawab kan?? Ya iyya laah….. wong mereka cuma mikirin perutnya sendiri.


Pic No.8


Inilah satu-satunya cara kami menghentikan orang yang keasyikan berkuasa, lupa untuk giliran. Susah sih, sudah duduk lupa berdiri. Emang di negeri Indonesia yang besar ini hanya satu orang saja yang bisa jadi presiden? Enak aja. Gantian doong …!!! Syukurlah, sekarang maksimal hanya boleh dua periode.


Pic No.9

Ini yang gak ada di negara maju yang masyarakatnya sering stress berat bahkan sampai bunuh diri. Ngapain bunuh diri, ya gak? Sudah hidup ini cape, bunuh diri lagi. Bodoh amat! Mendingan begini: gapleh dan begadang semalaman. Yang penting senang! Etos kerja? Tahi kucing! Kayak gak tahu aja. Di Indonesia, kerja keras banting tulang juga tetap aja gak ngaruuh …!! Tetap aja miskin. Kemakmuran ekonomi bukan hak kita, tapi hak segelintir orang yang dilindungi negara dan hak para koruptor. Kalau orang kayak hidupnya senang karena kebanyakan duit, kenapa kami rakyat kecil gak boleh??


Pic No.10

Asyiiik… !! Begini kami orang kecil kalau mandi, menyatu dengan alam. “We are strong and healthy! Eh, lu bocah anak orang kaya? Orang gedean? Jangan ngikutin gue … bisa sakit lu! Ntar mami marah!” Pasti banyak orang gedean yang kini jadi pemimpin dan pejabat tinggi, waktu kecilnya di kampung kayak gini …


Pic No.11

Nikmaaat …… makan nasi liwet dan makan berjamaah di atas daun. Lambang demokrasi, egalitarianisme, keadilan, transparansi, persamaan hak, kebersamaan, kesetaraan dan lain-lain. Begitu banyak nilai-nilai universal yang terkandung dalam “the great culture of ngaliwet” ini. An unimaginable joy!! Sayang, banyak orang memandang sebelah mata. Juragan Acun (Pejabat Pemda Tasikmalaya) duduk ditengah-tengah sambil mencomot cucuk jeung hulu. Ia calon Bupati Tasik tahun 2020.


Pic No.12

Inilah tamu setia yang khas datang ke Indonesia setiap musim hujan. Musim kering, air surut, musim hujan pasti…pasti… dan pasti banjir. Gituuuu…. aja terus sepanjang tahun!! Akibat pembangunan yang tidak terencana dan tidak dikendalikan, begitulah hasilnya. Di negara lain, ada juga dong banjir, tapi umumnya tidak terduga, misalnya karena badai topan dsb. Tapi indahnya Indonesia, banjir itu rutin alias selalu always, tidak oleh badai, tapi oleh kekhasan Indonesia saja. Kalau musim hujan datang, haqqul yakin, pasti banyak banjir dimana-mana. Jangan tanya pemerintah lah, kesalahkaprahan pembangunan pemukiman sudah sangat parah, Coba gimana kita tidak bangga? Hidup Indonesia!!


Pic No.13

Ini juga khas Indonesia, setidaknya saya tidak pernah menemukan atau nonton di TV luar negeri, anak-anak dibawah umur mengemis di setiap stopan jalan. Keluarga miskin yang tidak diurus oleh negara sebagaimana diamanatkan UUD 1945, memanfaatkan anak-anaknya mengemis. Dinas sosial tidak kelihatan geraknya. Anjal stopan nampaknya adalah khas Indonesia. Kesulitan bertahan hidup membuat mereka kemana saja bergerak untuk bisa makan dan banyak dari mereka yang menjadikannya profesi.


Pic No.14

Angkot benar-benar makhluk khas Indonesia. Ciri-cirinya adalah: (1) Berhenti dan belok semau gue, alias dimana aja, termasuk di bawah plang “Dilarang Parkir,” (2) orang merokok didalamnya yang sempit itu, (4) dan yang terbaru, pengamen. Karena lahan ngamen sudah semakin sempit, angkot pun akhirnya dipake ngamen juga. Kebanyakan asal genjreng, lagu kemana musik kemana, dan seperti foto diatas nyanyinya keluar lagi, jadi bukan untuk diperdengarkan kepada hadirin penumpang mercedes rakyat itu.


Pic No.15

Makan sama sambal terasi dan ikan asin, eemmhh… nikmatnya, benar-benar khas Indonesia. Apalagi nasinya panas, nyoleknya pake lalaban segar atau petai, apalagi kalau ketika makan sambil mengingat duit di rekening ratusan juta, mobil lima, dayang-dayang tiga, helikopter dua, tanah sekabupaten, waah… dijamin asyik gak ketulungan. Sambal juga ada di negara lain, tapi sambal terasi dengan diulek-ulek dan digoyang-goyang plus ikan asin hanya ada di Indonesia. Dua sejoli ini terkenal sebagai teman makan dan penggugah selera paling mantap di dunia …


Pic No.16

Ini yang khas dari kuda Indonesia yang sekarang gak mau makan rumput lagi karena sudah berganti dengan bensin/premium. Spesies ini, dari Medan hingga Jayapura, memiliki ciri-ciri yang sama: bergimung seperti lalat, melabrak lampu merah, majunya nyerempet-nyerempet, kalau lagi macet trotoar jadi alternatif, di stopan menuhin zebra cross hak para pejalan kaki dan melaju melawan arah. Karena produksinya tidak diatur, jalur khusus tidak dibuatkan, penegakkan hukum hanya soal tilang lalu polisi dapet duit, pengaturan sepeda motor akhirnya menjadi sangat susah dan rumit untuk rapih dan tertib. Hidup di Indonesia benar-benar merdeka. Hidup Indonesia ….


Pic No.17

Di Indonesia, budaya antri adalah sangat mahal, karena mahal dan jarang ditemukan ketertiban berantri, jadinya ya khas Indonesia. Antri baru hanya ada di lembaga-lembaga modern seperti bank, kantor-kantor pemerintah dan swasta, kampus dll. Tapi berapa persen itu? Itu hanya pemandangan kecil di wilayah perkotaan, sedangkan kota-kota hanyalah titik-titik di negara besar Indonesia. Umumnya, di masyarakat terutama di pedesaan dan wilayah rurban (desa-kota) masih susah dengan budaya antri. Dan ada yang menarik, kalau pun masyarakat kita antri, biasanya badannya berdekatan, sampai kena dan bersentuhan. Ini sesuatu yang tidak ada di negara maju. Apalagi bila sudah ngantri kebutuhan pokok. Kesadaran rendah, penduduk yg terlalu banyak dan lahan yang sempit semua menyatu menjadi adonan sering susah untuk di atasi. Kalau Anda, tidak merasakan ini khas Indonesia, coba sekali2, jangan diam di kantor mewah dan modern saja, di tempat-tempat yang nyaman saja, sekali2 ke daerah, ke terminal, ke tempat2 berjubel menyatu dengan masyrakat kecil agar merasakan aslinya indonesia.


Pic No.18

Inilah budaya khas Indonesia yang paling menyebalkan: BUDAYA LATAH!!!!! Ada American Idol, ikuuutt… Indonesian dodol. Mbok ya bikin kek yang idenya asli Indonesia. Katanya banyak yg pinter. Acara latah begini banyak sekali di TV kita, yang tidak berangkat dari budaya dan tradisi kita. Para pengelola media elektronik yaitu televisi, adalah yang paling parah dalam soal mengembangkan budaya dan mental latah ini. Miskin pendirian, miskin ide, miskin mikir sendiri, miskin kreatifitas. Penyakit parah ini menganggap ‘keren’ dan ‘modern’ apa saja yang datang dari Barat. Ini mental rendah diri yang parah, mental inlander. Padahal, banyak sekali acara yang tidak cocok untuk masyarakat kita yang kaya raya dengan ragam budaya ini. Mereka yang pinter-pinter dan sukses di kota-kota itu seolah bodoh bahwa kita memiliki lebih dari 300 etnis, ratusan bentuk budaya dan tradisi, puluhan bahasa daerah dan dialeknya. Mana acara-acara TV yang mengangkat kekayaan tradisi bangsa itu? Mana acara-acara yang mendorong cinta tanah air? Tidak ada. Generasi muda kita terus dicekoki oleh yg hingar bingar, yang hiruk pikuk, yang sekuler, yang datang dari luar. Akhirnya, artisme dan selebritisme menjadi pujaan, menjadi ideologi dan orientasi hidup anak-anak remaja. Kalau tidak kenal artis, kuno. Kalau tidak punya artis pujaan, kampungan. “Cita-cita luhur” banyak remaja sekarang adalah jadi artis sinetron. selebriti, model, jadi anak band. Cita-cita sampah!! “Aktifitas termulia” banyak remaja sekarang adalah shooting, audisi, nyanyi, kejar tayang, Icih Fansclub, Ijah fansclub.Yang begituan aja!! Idola para remaja bukan lagi mereka yang berprestasi seperti juara olimpiade matematika/fisika atau juara olah raga, tapi INUL, BCL, Dewi Persik..


Pic No.19

Hanya di Indonesia, ada sepeda motor, becak atau orang jualan yang barangnya “menjulang tinggi ke angkasa” hingga menutupi pengendaranya. Atau, bawaannya tidak seimbang dengan pengendara dan Polisi tidak menegurnya atau menilangnya. Tidak ada keketatan di jalan raya di Indonesia demi keselamatan penumpang. Pedagang juga sama. Seperti foto diatas, barang-barang setoko dimasukin semuanya ke roda dagangannya. Ada gak ya di Amerika atau Jepang pemandangan unik begini??


Pic No.20

Ini khas pemukiman elit Indonesia yang disebut kawasan “The Kuw Muh Elite Village.” Tidak elit gimana, adanya di posat kota metropolitan Jakarta. Disamping komplek elit ini adalah gedung-gedung menjulang tinggi, kapitalisme mengangkang penuh keangkuhan, hutan beton yang keras dan individualisme yang takabur. Sekelompok manusia yang nekat hidup di tengah keangkuhan itu akhirnya harus hidup dimana saja yang penting bisa tidur … Jakarta dan kota-kota besar Indonesia lainnya menghadapi problem rumit soal urbanisasi yang tidak diatur ini …


Selengkapnya...